Jenis dan Metode Penelitian

I. PENDAHULUAN
Menurut Muchlis Yahya, dalam bukunya Dasar-Dasar Penelitian: Metodologi dan Aplikasi 2010. Penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Sedangkan cara ilmiah untuk mendapatkan data seseorang diharapkan mengetahui dan memahami beberapa jenis penelitian, metode penelitian, teknik dan prosedur nya, agar penelitiannya bisa dipertanggujawabkan dan dipahami oleh orang lain.
Tulisan ini akan coba kami ringkas dalam bentuk makalah. Semoga bermanfaat.

II. PERMASALAHAN
A. JENIS PENELITIAN
B. METODE PENELITIAN; TEKNIK DAN PROSEDUR PENELITIAN
\

III. PEMBAHASAN
A. JENIS PENELITIAN
Berdasarkan jenis data dan cara pengolahannya, secara umum, penelitian dapat dibedakan atas penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Berikut dipaparkan perbedaan penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.

1. KUALITATIF
Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat alamiah (naturalistic), yakni latar langsung sebagai sumber data dan peneliti sebagai instrumen kunci (key instrument), Nama lain penelitian kualitatif adalah penelitian lapangan.
Data penelitian kualitatif bersifat deskriptif, yakni data berupa kata-kata dan gambar yang diperoleh dari transkripsi wawancara, catatan lapangan, foto, videotape, dokumen              dokumen lainnya. Di samping hasil, penelitian kualitatif menekankan proses, yakni proses yang terjadi dan berlangsung pada sumber data (subjek/informan, objek, dan responden) beserta keseluruhan konteks yang melingkupinya, di samping data yang dihasilnyannya.
Tujuan penelitian kualitatif adalah menghasilkan atau mengkonstruk teori dasar; merumuskan konsep; menggambarkan perilaku.

            Data Penelitian Kualitatif dapat dibedakan atas :
(1) subjek penelitian, yakni sumber data, misalnya orang, yang aktif sebagai penghasil data (siswa, guru, pegawai kantor pos, camat, buruh pabrik, misalnya);
(2) objek penelitian, yakni sumber data, misalnya benda, yang berisi data (candi, novel, kumpulan puisi, surat pribadi, otobiografi, misalnya); dan
(3) responden, yakni orang yang merespon atau menjawab kuesioner atau angket yang diberikan peneliti saat mengumpulkan data.

2. KUANTITATIF

Tuban (1976), dalam bukunya Silohun (2001). Metode kuantitatif adalah ilmu dan seni yang berkaitan dengan tata cara (metode) pengumpulan data, analisa data, dan interpretasi hasil analisis untuk mendapatkan informasi guna penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan.

            Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

KUALITATIF KUANTITATIF
Frase yang berkaitan dengan pendekatan
etnografis eksperimen
dokumentasi data keras
penelitian lapangan perpektif luar
data lunak empiris
interaksi simbolis positivis
perspektif dalam fakta sosial
naturalistik statistik
etnometodologis metode ilmiah
Deskriptif
pengamatan pelibatan
fenomenologis
aliran Chicago
riwayat hidup
studi kasus
ekologis
naratif
interpretatif

B. METODE PENELITIAN; TEKNIK DAN PROSEDUR PENELITIAN

1. PENGERTIAN METODE PENELITIAN
Metode Penelitian adalah tatacara bagaimana suatu penelitian dilaksanakan, dimana Metode asal kata dari methods yang artinya tata cara.

            Ragam Metode Penelitian
1) Metode Historis
Metode Historis (historis = berhubungan dengan sejarah) bertujuan untuk merekontruksi masa lalu secara sistematis dan obyektif dengan mengumpulkan, menilai, memverifikasi dan mensintesiskan bukti untuk menetapkan fakta dan mencapai konklusi untuk dipertahankan.
Dengan demikian metode historis merupakan penelitian yang kritis terhadap keadaan-keadaan, perkembangan, serta pengalaman dimasa lampau dan menimbang secara teliti terhadap validitas dari sumber-sumber sejarah serta interprestasi dari sumber-sumber keterangan tersebut.
            Ciri-ciri Metode Sejarah diantaranya :
a. Metode sejarah lebih banyak menggantungkan diri pada data yang di amati oranglain di masa lampau.
b. Data yang di gunakan lebih banyak bergantung pada data primer di banding dengan data sekunder.
c. Metode sejarah mencari data secara tuntas serta menggali informasi yang lebih tua yang tidak di terbitkan ataupun yang tidak di kutip dalam bahan acuan standar.
d. Sumber data harus di nyatakan secar definitif, baik nama pengarang tempat dan waktu. Sumber tersebut harus di uji kebenarannya.

2) Metode Survai
Metode Survai adalah penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan secara factual, baik tentang institusi sosial, ekonomi, politik dari suatu kelompok ataupun daerah. Dalam metode survai juga dikerjakan evaluasi serta perbandingan terhadap hal yang telah dikerjakan orang dalam menangani hal dan situasi atau masalah yang serupa dan hasilnya dapat digunakan dalam pembuatan rencana dan pengambilan keputusan dimasa mendatang.
Menurut lingkup dan pokok permasalahannya survai dapat digolongkan dalam empat katagori, yaitu:
a) Sensus objek nyata
b) Sensus hal yang tidak nyata
c) Survai sampel objek nyata
d) Survai sampel hal yang tidak nyata

3) Study Kasus
Adalah penelitian yang terperinci tentang seseorang atau sesuatu unit selama kurun waktu tertentu. Menggunakan study kasus untuk memperoleh pengetahuan dan membantu individu dalam memecahkan masalah-masalah.
Metode study kasusu memberikan beberapa keuntungan diantaranya: kita dapat melakukan penelitian lebih mendalam, dan adanya kesempatan untuk memperoleh wawasan mengenai konsep-konsep dasar manusia.
Namun demikian, study kasus juga mempunyai kelemahan yaitu penemuan-penemuannya sulit untuk di generalisasikan dengan keadaan yang berlaku umum. Karena hasil penemuannya hanya diperoleh dari satu keadaan tertentu saja.

            Manfaat Metode Penelitian
Manfaat dari diketahuinya metode penelitian, antara lain :
a. Mengetahui arti pentingnya penelitian
b. Menilai hasil-hasil penelitian
c. Dapat melahirkan sikap pola pikir yang skeptik, kritik dan kreatif
d. Dapat menyusun / membuat skripsi/tesis/disertasi secara baik dan benar sesuai dengan aturan yang ada (khusus pada mahasiswa).

2. METODE PENELITIAN; TEKNIK DAN PROSEDUR PENELITIAN
    ¯   ‘  ¹  Teknik Penelitian
Teknik penelitian adalah penggunaan alat dalam mengukur ataupun dalam mengumpulkan data. Jadi yang dibicarakan dalam teknik penelitian meliputi pengukuran dalam penelitian dan alat-alat pengumpulan data.
    ¯   ‘  ¹  Prosedur Penelitian
Secara garis besar tahapan dalam prosedur penelitian adalah :Tahapan Perencanaan PenelitianTahap Pelaksanaan Penelitian Tahapan Penulisan Penelitian.
Catatan :
Namun demikian banyak orang yang mencampur adukan Metode Penelitian dengan Prosedur Penelitian dan Teknik Penelitian. Ketiganya berbeda arti, berikut ini digambarkan point-point yang penting bagi ketiganya, yaitu :
    ¯       § Metode Penelitian : Membicarakan tentang tata cara pelaksanaan dilaksanakan
    ¯       § Prosedur Penelitian : Memberikan urutan kerja penelitian
    ¯       § Teknik Penelitian : Membicarakan mengenai alat-alat yang digunakan dalam dalam mengukur atau mengumpulkan data penelitian
Sehingga Metode Penelitian melingkupi prosedur dan teknik penelitian. 3 (tiga) hal yang perlu dilakukan untuk melakukan penelitian, menurut Nazir (1988), adalah sebagai berikut :-
    ¯       § Urutan kerja apakah yang harus dilakukan dalam melaksanakan penelitian ??
    ¯       § Alat-alat apakah yang digunakan dalam mengukur atau mengumpulkan data ?
    ¯       § Bagaimana melakukan penelitian tersebut ??

Contoh :
Dalam suatu penelitian yang dibahas didalamnya adalah : Prosedur penelitian
Maka yang dibicarakan tersebut adalah : Teknik Penelitian
Maka yang dibicarakan tersebut adalah : Metode Penelitian

IV. KESIMPULAN
Berdasarkan jenis data dan cara pengolahannya, secara umum, penelitian dapat dibedakan atas penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Berikut dipaparkan perbedaan penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.
Sedangkan Metode Penelitian adalah tatacara bagaimana suatu penelitian dilaksanakan, dimana Metode asal kata dari methods yang artinya tata cara.dan ragam dari metode penelitian itu terdiri dari: metode sejarah, survey dan study kasus.

V. PENUTUP

Demikian makalah ini kami susun. Namun kami kira apa yang coba kami coba paparkan ini masih jauh dari kesempurnaan. Itu semua semata karena kelemahan kami sebagai manusia biasa yang masih dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, kami selaku pemakalah mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kemajuan yang akan datang. saya ucapkan banyak terima kasih atas peran sertanya.

DAFTAR PUSTAKA

Yahya Muchlis. Dasar-Dasar Penelitian Metodologi dan Aplikasi, Rizki Putra. Semarang, 2011
http://adhimaswijaya.wordpress.com/2010/09/22/perbedaan-penelitian-kualitatif-dan-kuantitatif/
Metode dan Teknik Penelitian
Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta, Jakarta.
Tuwu Alimudin. Pengantar Metode Penelitian. UI : Jakarta: 1993
Nazir Moh. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia: Jakarta, 1988

Facebook Comments

Published by dloen

Aku Fadlun, Anak pertama dari 4 bersaudara, kelahiran Indramayu, 19 Juni 1992. punya cita- cita dan mimpi menjadi orang hebat. menempuh pendidikan kuliyah di UIN Walisongo Semarang, besar harapan bisa mengubah perekonomian keluarganya di masa depan.