MENGENAL DAUN SIRIH

        ‘       ¯                                                   ‘       ¯                                                   ‘       ¯                                                   ‘       ¯                                                   ‘       ¯                                                   ‘       ¯                                            Sirih ( piper betle ) termasuk tanaman         ‘                                          \”bandel         ‘                                          \” karena kemampuannya bertahan dalam kondisi lingkungan yang kurang optimal. Diletakan dalam rumah / kepanasan di halaman tak jadi masalah baginya. Perbanyakannya pun cukup dengan menggunakan setek, potong tangkainya lalu di tanam. Hal ter penting dagi pertumbuhan sirih hanyalah kecukupan air.

Disisi lain sirih ternyata memiliki banyak macam. Sebagian orang kebanyakan hanya mengenal sirih hijau. Beragam sirih seperti sirih merah, sirih hitam , sirih kuning, siring hutan dan sirih liar /suruan

RUPA DAN MANFAAT

Sirih hijau dengan ciri daun berwarna hijau dan permukaan daun licin. Umumnya masyarakat merebus beberapa helai daun sirih hijau dan memanfaatkan air rebusannya untuk mengatasi gangguan jerawat, sariawan, sakit gigidan sakit mata. Sirih hijau juga bisa digunakan langsung untuk mengatasi mimisan, bisul, eksim dan luka bakar.

Sirih merah yang daunnya yang berwarna merah ini mampu untuk mengobati penyakit diabetes, kangker, hipertensi, batu ginjal dan ambenyen. Caranya         ‘                                          \” Ambil daun sirih merah satu genggam, lalu direbus dengan dua gelas air. Minum pagi dan malam secara teratur.

        ‘       ¯                                           

by(101 kb)

Published by dloen

Aku Fadlun, Anak pertama dari 4 bersaudara, kelahiran Indramayu, 19 Juni 1992. punya cita- cita dan mimpi menjadi orang hebat. menempuh pendidikan kuliyah di UIN Walisongo Semarang, besar harapan bisa mengubah perekonomian keluarganya di masa depan.

One reply on “MENGENAL DAUN SIRIH”