Kegiatan Motivasi dan Penyuluhan Dloen

LAPORAN HASIL KEGIATAN PENYULUHAN
DI SMA MUHAMMADIYAH 1 TIKEP

NO HARI, TANGGAL URAIAN LOKASI
1 Jumat, 9 Mei 2014 Seluruh anggota tim menuju ke lokasi. Kemudian menyiapkan segala peralatan yang akan digunakan. Sedangkan pihak sekolah mengambil alih untuk mengkondisikan murid-murid. SMA Muhammadiyah 1, Desa Akelamo, Kec. Oba Tengah, Kota Tidore Kepulauan
Seperti pada kegiatan yang lain, acara ini diawali dengan perkenalan sebelum menginjak ke materi. Tim memperkenalkan setiap personil kemudian juga menjelaskan sedikit tentang kegiatan Ekspedisi.
Sesi ini diisi dengan pemberian motivasi untuk seluruh murid melalui sebuah film pendidikan, yaitu “Sang Pemimpi.” Pilihan jatuh pada film ini dikarenakan inilah yang paling cocok untuk siswa SMA yang hendak melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Diharapkan setelah melihat film ini mereka dapat mengambil sebuah hikmah dan semakin termotivasi untuk meraih cita-cita mereka.
Selanjutnya, seluruh murid diberikan kesempatan untuk mengutarakan apa keinginan mereka setelah lulus SMA serta apa yang dapat diambil sebagai pelajaran atau hal-hal yang memotivasi cita-cita mereka.
Pada sesi ini, hanya beberapa murid yang berani mengacungkan tangan dan mengungkapkan pendapat.
Pada sesi terakhir, seluruh murid diajak untuk berani menuliskan setiap apa yang mereka impikan. Mereka diinstruksikan untuk menulis impian mereka di selembar kertas yang kemudian akan dikumpulkan.
Sebagai penutup, tim memberikan tugas kepada seluruh murid untuk membuat puisi tentang “Indonesia”. Tidak hanya itu, mereka juga diajari sapaan khas Ekspedisi dan yel-yel “Anak Negeri”.
2 Sabtu, 10 Mei 2014 Tim menuju ke lokasi dan menyiapkan peralatan dibantu pihak sekolah serta murid-murid. Setelah itu, seluruh murid dikumpulkan di lapangan. Diberikan sedikit motivasi tentang public speaking untuk mendongkrak keberanian mereka ketika tampil di muka umum. Dikarenakan hari sebelumnya hanya beberapa orang yang berani mengacungkan tangan dan berpendapat. SMA Muhammadiyah 1, Desa Akelamo, Kec. Oba Tengah, Kota Tidore Kepulauan
Pada sesi ini beberapa murid ditunjuk berdasarkan cita-cita mereka. Mereka maju secara bergantian untuk membacakan apa yang telah ditulis. Satu murid mewakili satu cita-cita. Ada beberapa cita-cita yang mereka impikan, yaitu dokter, perawat, guru, seniman, arsitek, pengusaha, TNI dan Brimob. Berbeda dengan hari sebelumnya, pada sesi ini mereka lebih aktif bertanya. Tidak lupa, mereka juga diberi kesempatan untuk bertanya seputar cita-cita mereka. Terutama untuk yang ingin menjadi TNI-POLRI, setiap pertanyaan yang diajukan langsung dijawab oleh pihak yang bersangkutan.
Tim dan seluruh murid istirahata sejenak sebelum melanjutkan kegiatan.
Setelah semua puisi telah dibaca, tim memilih beberapa puisi yang sekiranya bagus diantara yang lain. ada tujuh puisi yang terpilih dan tim memanggil ketujuh murid secara bergantian untuk membacakan puisinya.
Dari sesi ini, tim berharap dapat mengetahui tingkat pengetahuan setiap murid tentang puisi dan sejauh mana mereka mengerti tentang Indonesia (Wawasan Kebangsaan).
Untuk semakin menambah pengetahuan mereka tentang Indonesia, tim memberikan materi Wawasan Kebangsaan yang disampaikan oleh Pak Maryoto.
Sebagai penutup rangkaian acara, tim dan seluruh murid berfoto bersama. Tidak lupa tim juga memberikan sedikit hadiah untuk tiga orang siswa yang paling aktif dan berani mengungkapkan cita-cita mereka.

Published by dloen

Aku Fadlun, Anak pertama dari 4 bersaudara, kelahiran Indramayu, 19 Juni 1992. punya cita- cita dan mimpi menjadi orang hebat. menempuh pendidikan kuliyah di UIN Walisongo Semarang, besar harapan bisa mengubah perekonomian keluarganya di masa depan.