Dloen dalam Membuat Laporan Penyuluhan Gigi

ARTIKEL
No : 06/ 03-KOMSOS/16/04/2014

BIDANG : Komunikasi Sosial (KOMSOS)
PERIHAL : Penyuluhan Kesehatan Gigi Anak

A. PENDAHULUAN
Tinjauan Umum Lokasi
Sekolah Dasar (SD) Aketobololo Kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan Kabupaten Halmahera Tengah.

B. ISI
Sangat mengkhawatirkan memang, ketika Tim Ekspedisi berkunjung ke SD Negri Aketobololo, dimana semua murid disana masih banyak yang mengunyah makanan tanpa menggunakan gigi. Kebersihan gigipun kurang. Karena beberapa yang terlihat diantara mempunya masalah pada gigi mereka natara lain warna gigi kekuningan berlubang dan gerepes.
Dengan demikian, Tim KOMSOS berinsiatif mengadakan penyuluhan kesehatan gigi bagi siswa-siswi tersebut yang terdiri dari kelas 1-kelas 6 SD. dengan dua cara antara lain:
1. menampilkan kepada siswa-siswi sebuah tayangan video yang menjelaskan bagaimana menggosok gigi yang baik
2. praktek menggosok gigi langsung di sekolah
yang harapannya nanti bias sedikit memperbaiki kualitas gigi mereka, dan memotivasi mereka bahwa gigi mempunyai banyak fungsi. Dan gigi juga bagian tubuh manusia yang sama pentingnya yang harus dijaga dan dirawat. adapun cara merawat gigi antara lain dengan membersihkannya sesudah makan dan sebelum tidur.
Macam bentuk gigi tapi cara merawatnya tetap sama walaupun dengan beberapa macam teknis membersihkannya antara lain dengan siwakan maupun dengan menggosok gigi pada umumnya dilakukan. Sedang menggosok gigi juga ada beberapa tahap diantaranya yaitu dengan menggosakan bagian depan gigi secara memutar, lalu bagian kanan dan kiri gigi dengan cara yang sama. Selanjutnya arahkan sikat gigi pada gigi geraham, bagian gigi yang fungsinya untuk mengunya dimulai bagian kanan gigi, kiri kemudian atas gigi kanan dan kiri dengan cara maju mundur. Selanjutnya untuk yang terakhir masih dengan cara maju mundur juga adalah menggosokannya pada bagian bawah dan atas gigi.
Menggosok gigi biasanya yang dibutuhkan adalah air, pasta gigi dan sikat gigi. Sebaik—baiknya sikat gigi adalah lebih baik lagi jika tidak memakai kepunyaan orang lain, baik keluarga sendiri sekalipun. Karena tidak dibolehkan.

C. KESIMPULAN
gigi merupakan bagian tubuh manusia yang sama pentingnya yang harus dijaga dan dirawat. begitupun gigi yang dimiliki oleh siswa-siswi SDN Aketobololo mereka harus tau bagaimana cara merawat gigi yang antara lain dengan membersihkannya sesudah makan dan sebelum tidur.
Macam bentuk gigi boleh beda tapi cara merawatnya tetap sama walaupun dengan beberapa macam teknis membersihkannya antara lain dengan siwakan maupun dengan menggosok gigi pada umumnya dilakukan. Dengan demikian, Tim KOMSOS berharap penyuluhan kesehatan gigi yang diadakan tersebut bisa sedikit memperbaiki kualitas gigi mereka, dan memotivasi mereka bahwa gigi mempunyai banyak fungsi.

Facebook Comments