Tips Memandikan Jenazah

teman, mungkin ini bukan sesuatu pengetahuan yang wajib untuk kita pelajari, tapi layaknya orang Muslim yang baik, manakalah ada saudara, kerabat dan tetangga dekatnya yang diambil nyawanya oleh sang KHOLIK, ALLAH SWT. dia akan merasa terpanggil untuk ikut mengurusi proses menyolati, memandikan hingga pemakamannya.

untuk itu, di sini dloen berbagi kepada teman-teman semua barang kali ada beberapa yang harus kita ketahui ketika ingin memandikan sebuah jasad yang tak bernyawa. seperti:

  1. sebelum atau sementara jenazah di mandikan, siapkan tempat dan peralatan untuk mengkhafaninya.
  2. tempat memandikan jenazah     harus tertutup
  3. jangan terlalu banyak orang untuk memandikan jenazah apalagi     hanya sekedar menonton proses pemandian di tempat pemandian jenazah
  4. jenazah laki-laki dimandikan oleh laki-laki jika pun ada wanita harus mahramnya, begitupun bila jenazahnya wanita.
  5. selama memandikan jangan sekali-kali di telanjangi, di buka didepan orang lain
  6. orang yang memandikan ada baiknya orang yang sudah memahami tentang thoharoh
  7. saat memandikan, tidak diperkenankan membicarakan kejelekan dari jenazah.
  8. siapkan air suci dan dingin(dicampuri sedikit garam).
  9. siapkan juga secukupnya, kapur barus, luluhan daun bidara atau air sabun( yg tidak berparfum), kain potong kecil, handuk dan sarung.
  10. memandikan jenazah diawali dari bagian kepala lalu badan dan tangan sebelah kanan, lalu bagian kiri dan terus kebawah sambil digosok pelan-pelan.
  11. cara mengeluarkan sisa kotoran dari perutnya baik dari dubur ataupun qubul yaitu dengan diurut pelan-pelab bagian perutnya ketika jenazah agak didudukan menyandar
  12. dan ketika sempurnanya istinja bagi jenazah, anggota lubang dubur maupun qubul harus dibersihkan dengan telunjuk kiri.
  13. semua rambut yang ada ditubuh jenazah serta semua lubang di bersihkan pelan-pelan setelah itu jenazah disiram untuk kedua kalinya
  14. jenazah ketika di bilang cukup bersih segerahlah dimandikan.
  15. lalu disempurnakan dengan siraman yang ke 3 dari ujung rambut sampai tapak kaki.
  16. di handuki, rambut disisir .

 

itulah, beberapa tips dari dloen yang bisa dloen bagi oleh temen-temen setelah mengampuh mata kuliyah FIQIH.     yang mana dloen harap dengan adanya tips ini yaitu untuk menjaga kehormatan jenazah.

dan catatan tersendiri, tidak baik memandikan jenazah dengan cara dipengku karena ditakutkan, bila dengan cara seperti itu yang biasanya dilakukan didesa kita itu akan ditakutkan masih rawan untuk kesuciannya/ proses pemandiannya dirasa kurang maksimal, karena di takutkan untuk air yang sekiranya mengena seluruh anggota jenazah tidak seluruhnya.

semoga ini bermanfaat untuk teman-teman, dan selamat mencobanya .

Facebook Comments

2 Replies to “Tips Memandikan Jenazah”

  1. Lukky

    Astagaaah.. ini breann ada???Kmrn liat ada yg pake begitu.. ampe bingung sendiri kenapa ya koq bisa FB di blog kaneeeh ternyata themenya hahahaha thanks infonya

Comments are closed.