13 Sep 2008, 11:54pm
Laporan Khusus
by

2 comments

HADIR DENGAN SEGALA KEUNIKAN, HASIL PERPADUAN ASPEK-ASPEK SALAFI DAN MODERN

06-september-2008

Pesamtren, sebuah kata yang senantiasa identik dengan keagamaan. Namun, disini alhikmah telah hadir dengan program dan metode yang berbeda untuk melahirkan siswa yang unggul.Dimana, setiap anak yang bergabung dalam pembelajaran yang di terapkan al hikmah, akan dimanja dengan nilai-nilai kaida dan keislamannya, interaksi didalam alhikmah bila dinilai dengan kesehariannya akan mencangkup kebersamaan dan rasa solidaritas yang tinggi, tak ada pembeda dari segi suatu kalangan, tata nilai dan jadwal kegiatannya pun tergolong unik bila dibandingkan dengan orang yang menjalani rutinitasnya dirumah ataupun sekkolah-sekolah yang diluar lainnya yang lebih cenderung mengarakan ke materi pembelajaran umum

Perihal al hikmah, yang mana indonesia adalah negara yang terbanyak melahirkan pesantren baik dikawasaaan jawa maupuan yang lainnya, dan salah satunya pon-pes al hikmah yang bertempat di jawa tangah.dan dalam proses pembelajarannya alhikmah berusaha memaksimalkan keindahan terlebih dahulu sebelum menginjak ke yang lainnya karena ini merupakan untuk kenyamanan belajar siswa,dan caranya dengan menjaga alam dan lingkungan sekitar,menjanjikan keaktifan prises belajar siswa dan kedisiplinan dalam proses keseharian belajarnya, sehingga mendorong siswanya untuk tampil lebih baikk dan berlomba-lomba dalam berkarya, serta mengugah lapisan masyarakat supaya tertarik dengan program yang di sajikan malhikdua.

Pemberdayaan yang tesedia di alhikmah mulai dari segi potensi, tentu saja dapat dibedakan dengan pesantren yang lainnya, karena so pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, karena untuk mewujudkan visi dan misi pesantren ketua yayasan Bapak K. H. Masruri Abdul Mugni dengan di bantu dengan asatidzah dan asatidznya melakukan langka-langka untuk memajukan dan menjadikan alhikmah tampil lebih baik lagi.

Al hikmah bukan hanya mondok semata melainkan memperdalam ilmu agama dengan di barengi dengan sekolauh juga. Jadi, kita tidak hanya mengenal tentang ilmu pengetahuan melainkan kitab-kitabnya juga seperti: mubadil fiqih,taisirul kholak, jurmiyah, safinatun najah, fatkhul khorib, imriti, alfiyah, nurul yakin, bulughul marom, tafsir jalalen dan lain sebagainya adapun pendidikan sains dialhikmah tersendiri telah banyak pilihan yang mengarah pada duniawi, sehingga kita sendiri dapat memilih dan menyesuaikan man yang tepat untuk sekolahan kita, yang mana di alhikmah terdiri dari mma( mualimin-mualimat), sma, ma, yang mana terdiri dari 2 yaitu mak( madrasah aliyah keagaman), dan ma nya itu sendiri,mts, smp, dan aaaaaakper(akademik keperawatan)..

Di sini ma akan hadir untuk mewakili semuanya, membuktikan betapa hebat dan komplitnya sekolah yang ada dalam alhikmah. Ma di asuh secara efektif oleh H. Muhlas Hasyim MA, madrasah aliyah itu sendiri memiliki 3 program yaitu imerci, ipa, dan ips.belum lagi ma memberikan fsilitas taambahan yang sama halnya dinamakan dengan kursus namun kita terbiasa menyebutnya dengan spesifikasi,yang terdiri dari: b.inggris, komputer, tatabusana, perikanan dan pengelasan. Dan adanya hal semacam tersebut untuk menjaadikan kita lebih terpacu dalam belajar, dan semangat yang tinggi karena adanya fasilitas yang memadai, dan bila keluar or menyandang klullusan nanti kita akan mempunyai pegangan dan bekal sehingga kita tak perlu repot, susah dan takut untuk meniti langka dan melanjutkan stady kita.

Pemberdayaan pesantren di alhikmah juga sebagai unit pembentukan seseorang menjadi kamil, sholeh ataupun solehah, yang berakhlakul karimah, mempunyai kepribadian dan perangai yang baik.

Facebook Comments